Soal dan Pembahasan Asesmen Kompetensi Guru (AKG) untuk MI


Sebagaimana diketahui pada tanggal 24 – 26 Juni 2024 Kementerian Agama akan melaksanakan Asesmen Kompetensi Guru Madrasah (AKG) kembali, baik itu guru MI, MTS maupun MA.  

AKGTK (Asesmen Kompetensi Guru dan tenaga Kependidikan) Madrasah adalah asesmen yang dilakukan pada guru dan tenaga kependidikan madrasah sebagai metode pengukuran yang komprehensif untuk mendiagnosis kelebihan dan kelemahan kemampuan pedagogik dan profesional GTK madrasah. 

Adapun salah satu tujuan kegiatan ini adalah tersusunnya instrumen asesmen kompetensi guru madrasah yang akan dijadikan rapor kompetensi sebagai acuan kepada semua pihak terkait dalam menyusun kebijakan pengembangan keprofesionalan guru madrasah. 

Mengapa perlu Latihan Soal dan Pembahasan Asesmen Kompetensi Guru AKG Madrasah (MI MTS MA) ? Tentu Bapak/Ibu guru tidak ingin memiliki rapor kompetensi yang kurang baik. Karena AKG Madarasah adalah penilaian terhadap kompetensi guru madrasah sebagai bagian penilaian kinerja guru dalam rangka pembinaan karir, kepangkatan dan jabatannya. Hasil AKG MI MTS MA akan digunakan sebagai acuan dalam pembinaan dan peningkatan keprofesian berkelanjutan akan berdampak positif pada perbaikan kinerja guru, kepala dan pengawas madrasah dan peningkatan mutu pendidikan.

Adapun lingkup soal dimensi pedagogik mencakup; 

  1. Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual.
  2. Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik. 
  3. Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu. 
  4. Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik. 
  5. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran. 
  6. Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki. 
  7. Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik. 
  8. Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. 
  9. Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran. 
  10. Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran. 

Sedangkan materi soal Asesmen Kompetensi Guru AKG Madrasah (MI MTS MA) pada dimensi profesionalisme, mencakup; 

  1. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. 
  2. Menguasai kompetensi inti dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu. 
  3. Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif. 
  4. Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif 
  5. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri.

Berikut kami sampaikan beberapa contoh Soal AKGTK berikut jawabannya:

Madrasah Ibtidaiyah

Link Contoh Soal dan Pembahasan Asesmen Kompetensi Guru MI (Pedagodik) 

Link Contoh Soal dan Pembahasan Asesmen Kompetensi Guru MI (Profesional-Literasi) 

Link Contoh Soal dan Pembahasan Asesmen Kompetensi Guru MI (Profesional-Numerasi) 

Link Contoh Soal dan Pembahasan Asesmen Kompetensi Guru MI (Profesional-Sains)



إرسال تعليق

Post a Comment (0)

أحدث أقدم